Senin, 21 Agustus 2017

Inilah 7 Langkah Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Sebuah inspirasi simpel terkadang jadi inspirasi yang paling baik. Disini, kita juga akan buat sebuah bingkai photo untuk setiap hasil bikin photo anda yang ingin dipajang di sebuah acara atau hanya untuk disimpan di meja. Bila kita dapat membuatnya sendiri, kenapa harus menggunakan banyak uang hanya untuk sebuah bingkai photo? Yuk kumpulkan beberapa kardus sisa, alat potong dan lukis. Lebih kurang akhirnya juga akan begini :

Ingin bingkai photo sesuai sama itu? Yuk buat sendiri tanpa ada harus keluarkan uang banyak-banyak. Segera saja, berikut hasil kreatif cara buat bingkai photo dari kardus!

LANGKAH 1 : MENGUMPULKAN BAHAN DAN PERALATAN 

www.instructables.com

Kumpulkan beberapa kardus sisa, dapat kardus sereal atau kardus yang lain yang memiliki ukuran yang cukup untuk bingkai photo. Kesempatan ini bahan yang yang dipakai yakni kotak sereal dan beberapa kardus kaku berbahan paket yang lain. Atau bila anda tidak memiliki kardus sisa, anda dapat beli kardus disini. Gunting, cutter, spidol, penggaris, perlengkapan menggambar dan melukis diperlukan juga. Beberapa lem berkwalitas baik juga diperlukan.

LANGKAH 2 : POTONG KARDUS SESUAI UKURAN YANG AKAN KITA BUAT 



Pertama ide kreatif teknologi potong kardus jadi sebuah kotak dengan memakai alat pemotong yang anda miliki. Ukuran bingkai biasanya 4×6 atau 5×7. Anda dapat sesuaikan dengan ukuran photo yang juga akan dipajang. Lalu tetapkan berapakah lebar bingkai yang anda kehendaki? Umpamanya untuk ukuran photo 4×6 dan ingin memiliki lebar bingkai 2 inchi, maka kita harus memotong kardus jadi kotak dengan ukuran 6×8.

LANGKAH 3 : POTONG SELUAS FOTO 

www.instructables.com

Bila kita telah memiliki kardus yang memiliki ukuran 6×8, maka saat ini waktunya untuk memotong bagian tengah kardus itu. Cara mudahnya sich lekatkan photo kita tepat di tengahnya kardus itu. Tandai, lalu potonglah.

LANGKAH 4 : MEMBUAT GARIS DI DALAM BINGKAI (INNER LINER) 

www.instructables.com

Agar bingkai fotonya terlihat bagus, sebaiknya buat seperti double frame. Langkahnya cukup memotong kertas karton yang berwarna putih, ukurannya lebih kecil dari bingkai luar. Pakai cutter agar akhirnya rapi.

LANGKAH 5 : CAT ATAU HIASI BINGKAI FOTO 

www.instructables.com

Anda dapat memakai apa pun ide kreatif barang bekas sederhana untuk menghiasi bingkai photo yang kamu bikin. Contoh dengan cat akrilik, atau dapat pula dilapis dengan kertas dekoratif, kain, stiker atau apa pun yang bagus menurut anda. Yang pasti ini juga akan memperindah bingkai yang kamu bikin.

LANGKAH 6 : MEMBUAT BAGIAN BELAKANG BINGKAI DENGAN BAHAN YANG SAMA DAN LEM SEMUA BAGIAN 

www.instructables.com

Potong kardus sebesar bingkai yang kita buat. Beri lem di setiap pojok bingkai. Rekatkan bingkai luar, inner liner dan photo. Dapat pula memakai selotip, tetapi bersamaan dengan waktu selotip juga akan terlepas. Jadi lebih baik memakai lem, namun janganlah umumnya juga. Oiya, janganlah lupa berikan plastik bening bila anda merasa perlu. Hingga posisinya bingkai luar, inner liner, plastik bening, photo dan cover belakang.

LANGKAH 7 : MEMBUAT PENYANGGA BINGKAI FOTO 

www.instructables.com

Pilihlah kardus yang cukup tidak tipis. Potong seperti pada gambar. Menghias penyangga itu sesuai sama selera anda. Lekatkan dibagian cover belakang bingkai photo. Dan bingkai photo pun usai di buat.

0 komentar:

Posting Komentar