Kamis, 17 Oktober 2019

10 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar Supaya Lebih Awet


Sepatu kulit adalah sepatu wajibnya tiap orang. Sepatu ini diperlukan untuk kerja, untuk pergi ke pesta resmi, sampai untuk kepentingan style. Sepatu kulit seringkali difavoritkan serta “disayang” sebab berbahan yang elegan serta membutuhkan perawatan tambahan. Bila tidak dirawat serta dibikin bersih dengan benar, waktu hidup sepatu kulit dapat menyusut secara cepat. Karena itu, Kamini sudah meringkas sepuluh langkah menjaga sepatu kulit yang benar supaya sepatu kulit Kamu bertambah awet. Mungkin sepatu kulit memerlukan perawatan lebih dibanding sepatu bahan yang lain, tetapi perawatannya tidak sesusah yang dipikirkan beberapa orang, kok. Kamini akan mengulas bagaimanakah cara menjaga sepatu kulit asli, suede, kulit sintetis, sepatu kulit hitam, sepatu kulit coklat, sepatu kulit merah, serta jual sepatu safety kulit berwarna yang lain. Langkah menjaga sepatu kulit ini dapat diterapkan pada merek sepatu kulit seperti brodo, kicker, jim joker, dan lain-lain. Yuk, tahu bagaimanakah cara bersihkan, menjaga, serta menaruh sepatu kulit secara benar supaya tidak pecah serta bertambah awet di sini.

1. Terlepas Tali Sepatu
Langkah menjaga sepatu kulit yang pertama dengan melepas tali sepatu terlebih dulu. Ada banyak sepatu kulit yang mempunyai tali, umumnya ada pada sepatu kerja pria serta beberapa mode high heels serta wedges. Bila sepatu kulit Kamu ada talinya, Kamu harus melepas tali itu sebelum lakukan perawatan. Ini dikerjakan untuk menahan tali jadi kotor sebab terserang serpihan debu serta kotoran. Pelepasan tali sepatu berguna juga untuk menahan tali sepatu terserang conditioner serta semir. Sekalian perawatan, Kamu dapat bersihkan tali itu dengan terpisah. Triknya dengan merendam tali sepatu di air sabun, lalu Kamu kucek serta bersihkan seperti biasa sesudah Kamu usai lakukan perawatan pada sepatu.

2. Membersihkan Kotoran Kering
Sebelum mulai pada langkah menjaga sepatu kulit yang basah-basah, membersihkan sepatu Kamu terlebih dulu dari kotoran kering seperti debu, lumpur kering, batu kerikil, dan lain-lain. Langkah membersihkannya dengan memakai sikat sepatu yang bulu-bulunya lembut. Untuk sepatu memiliki bahan basic suede, tentu saja Kamu harus memakai sikat atau alat pembersih spesial untuk bahan suede. Untuk sepatu kulit halus seperti yang dibuat dari kulit sapi/domba muda, Kamu cukup mengelap sepatu memakai kain lap yang serat-seratnya lembut. Silahkan baca artikel langkah bersihkan sepatu kulit yang benar untuk panduannya.

3. Seka Sepatu
Sesudah sepatu terlepas dari kotoran yang kering, saat ini waktunya memandikan sepatu! Tetapi, langkah memandikan sepatunya bukan dibanjur gunakan air lalu disabuni seperti saat kita mandi, ya. Kamu cuma membutuhkan dikit air hangat/air biasa pun tidak apa-apa. Lalu sediakan sabun cair serta kain/handuk lembut. Nah, langkah menjaga sepatu kulit yang setelah itu dengan mengusap sepatu Kamu. Pertama kali, celupkan kain ke air, lalu peras sampai tidak ada air yang menetes. Kemudian, tuangkan dikit sabun cair atau pembersih spesial sepatu kulit bila ada. Gosokkan kain ke semua permukaan sepatu Kamu. Bila Kamu tidak punyai banyaknya waktu atau bila beberapa bahan yang Kamini katakan di atas tidak ada, Kamu juga bisa mengusap sepatu kulit memakai tisu basah. Ini dapat dikerjakan bila Kamu tidak sedang ada di dalam rumah, contohnya saat Kamu sedang di kantor atau sedang traveling. Tisu basah, khususnya yang spesial bayi, mempunyai serat lembut serta memiliki kandungan pelembab hingga bisa jadi alternatif conditioner untuk sepatu kulit juga. Dapat disebut jika tisu basah adalah penyelamat sepatu kulit pada saat menekan.

4. Keringkan Sepatu
Sesudah diseka, sepatu kulit harus ada dalam keadaan kering . Jadi, janganlah lupa untuk mengeringkan sepatu Kamu sesudahnya. Membersihkan tersisa sabun atau pembersih dari sepatu Kamu memakai kain basah yang baru. Kemudian, keringkan sepatu dengan menempatkannya di ruang terbuka yang sejuk (tidak terserang cahaya matahari langsung). Jangan juga menempatkan sepatu kulit di dekat pemanas, oven, belakang kulkas, atau tempat panas yang lain sebab bisa mengubah warna serta struktur sepatu kulit.

5. Berikan Conditioner
Mungkin diperlukan waktu berjam-jam untuk menanti sepatu kulit Kamu jadi kering prima. Tetapi, memang sepatu Kamu harus betul-betul kering terlebih dulu sebelum dikerjakan perawatan kelanjutan. Baca : 10 Produk Pembersih untuk Barang Memiliki bahan Kulit Paling baik 2019 Berikut Langkah Bersihkan Sepatu Kulit dengan Benar 10 Merek Sepatu Pantofel Pria yang Bagus serta Berkualitas 2019 Jadi, minta bersabar, ya. Bila sepatu Kamu sudah kering, lanjutkanlah perawatan dengan memberi conditioner spesial sepatu kulit. Produk ini bisa Kamu beli di toko sepatu atau beli di toko online. Conditioner sepatu umumnya tidak berwarna (tidak mengubah warna kulit). Peranan conditioner sepatu sama dengan conditioner rambut, yakni untuk memberikan nutrisi, menghaluskan, memperkuat serta jaga kelenturan. Langkah memakai conditioner sepatu dengan memakai kain lap atau sikat spesial. Gosokkan conditioner dengan pergerakan melingkar. Sesudah conditioner menyebar rata, diamkan sepatu sepanjang ± 30 menit supaya conditioner meresap ke kulit.

6. Semir
Sesudah lewat semua langkah perawatan di atas, sekarang waktunya menyemir sepatu Kamu agar warnanya lebih pekat serta mengkilap. Kamu dapat mengimplementasikan semir sepatu favorite Kamu. Belum mengetahui merek semir yang bagus? Tenang saja, sebab Kamini pernah mengulas produk semir sepatu kulit yang bagus. Click link ini untuk membacanya.

7. Ubah Sepatu Tiap Hari
Ya, posisi menjaga sepatu kulit yang benar usai sampai di sini. Saat ini, Kamini akan memberi panduan agar sepatu Kamu bertambah awet. Pertama kali, jangan lah memakai sepatu kulit yang sama tiap hari. Gilir lah sepatu Kamu supaya mereka bisa “bernapas” serta “beristirahat”. Saat tidak digunakan, sepatu kulit akan memperoleh waktu untuk mengeringkan diri mereka dari keringat, air, atau apapun yang mengakibatkan kelembaban yang terjebak di sepatu.

8. Jauhi Air
Memang, mustahil bila Kamu 100% bisa menghindar dari yang namanya air, mengingat di Indonesia hanya ada dua cuaca yakni panas serta hujan. Seringkali pada sebuah hari bisa panas saat pagi hari tetapi saat sore harinya mendadak hujan lebat. Bila Kamu aktif di luar ruang atau bila Kamu pengendara motor, tentu susah sekali menghindar dari yang namanya air. Maka, jika dapat terlepas saja sepatu Kamu saat hujan turun. Ubah alas kaki Kamu dengan sepatu boots hujan atau sandal serta masukan sepatu Kamu ke bagasi motor atau ke tas. Bila sepatu Kamu terlanjur basah, yakinkan untuk langsung mengeringkan sepatu Kamu secara baik. Jangan pernah sepatu Kamu ada dalam keadaan lembap kelamaan, sebab bisa-bisa sepatu Kamu jadi berjamur serta retak-retak yang tentu saja akan mengakibatkan kerusakan struktur sepatu Kamu. Langkah cepat mengeringkan sepatu basah dapat Kamu baca di sini.

9. Pakai Sendok Sepatu
Kamu barangkali sempat lihat benda ini di film atau komik. Nama benda ini berbagai macam bergantung bagaimana orang mengatakan. Ada yang menamakannya lidah sepatu, sendok sepatu, atau sundul sepatu, yang pasti bahasa Inggris untuk benda ini ialah shoehorn. Kamu mungkin senang langsung mencapai sepatu kulit agar bertambah cepat terpasang. Hal itu punya potensi untuk mengakibatkan kerusakan struktur sepatu kulit, loh. Maka, pakailah shoehorn saat menggunakan sepatu agar sepatu kulit Kamu bertambah awet. Kamu bisa beli sendok sepatu di Bukalapak melalui link ini.

10. Pakai Pengganjal Sepatu
Tidak hanya shoehorn di atas, ada satu produk yang tidak harus tetapi diperlukan semua sepatu, yakni pengganjal sepatu. Benda ini seringkali disebutkan sebagai shoe tree. Peranan benda ini ialah untuk menjaga bentuk sepatu saat sedang tidak digunakan. Umumnya benda ini dibikin dari cedarwood (kayu aras) sebab kayu type ini bisa sekaligus juga mencegah ngengat serta serangga yang lain, hilangkan berbau sepatu, serta menyerap kelembaban pada sepatu kulit. Tetapi ada pula shoe tree yang dibuat dari plastik. Kamu bisa temukan beberapa jenis pengganjal sepatu di Bukalapak dengan click link ini. Itu 10 panduan sekaligus juga langkah menjaga sepatu kulit secara benar ala Kamini. Ada hal yang butuh Kamu lihat, yakni baca ketentuan perawatan di boks atau buku info sepatu, sebab umumnya tiap sepatu mempunyai langkah perawatan yang berlainan.

0 komentar:

Posting Komentar